Setelah Lulus Mau Ngapain? Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA

Oleh Eureka | 19 Mar, 2024 |
5011
IMG-BLOG
19 03 2024

Beberapa waktu lalu hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan. Adanya kuota pada setiap universitas membuat tidak semua siswa yang mengikuti seleksi ini bisa masuk ke dalam universitas yang diinginkannya. Ada tawa dan tangis yang mengisi saat pengumuman diumumkan. Tangis bahagia maupun tangis sedih karena belum bisa lolos ke universitas yang diinginkan melalui jalur SNMPTN ini. Namun, tenang masih banyak cara dan jalan yang bisa kamu lakukan untuk meraih cita-citamu. Kamu bisa melakukan berbagai macam pengembangan diri lho! Yuk simak beberapa hal yang bisa kamu lakukan berikut setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).  

 

1. Persiapkan Diri untuk Ujian Selanjutnya

 

persiapan ujian

SNMPTN bukanlah segalanya, setuju? Setalah tahap ini, kamu akan dihadapkan dengan beberapa ujian lainnya, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal yang bisa kamu lalukan setelah lulus SMA adalah pacu dan jaga terus semangatmu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian selanjutnya. Kamu bisa mengikuti bimbel-bimbel intensif yang disediakan oleh berbagai kursusan di luar sana atau kamu bisa belajar sendiri dengan memantapkan materi ujian. Latih dan biasakan dirimu mengerjakan soal-soal ujian SBMPTN sebelumnya. Kamu juga harus ingat, beberapa universitas akan membuka jalur ujian mandiri atau yang disebut UM. Kamu bisa mengikuti ujian ini ya jika kamu berminat.

 

2. Ikuti Lokakarya Yang Kamu Sukai

 

lokakarya

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan setelah lulus adalah mengikuti lokakarya atau seminar dengan tema-tema yang kamu sukai. Kamu bisa terus meningkatkan pengetahuanmu akan suatu hal yang kamu sukai. Informasi mengenai lokakarya bisa kamu cari melalui pencarian di internet maupun sosial mediamu. Sudah banyak lho akun-akun yang memberikan informasi tentang lokakarya. Dengan mengikuti lokakarya, pengetahuan dan skillmu akan terus terasah dan bertambah.

 

3. Gabung dengan Komunitas Yang Kamu Inginkan

 

komunitas

Bergabung dengan sebuah komunitas adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA. Jika kamu tahu, banyak sekali komunitas-komunitas di luar sana dengan berbagai kegiatan-kegiatan rutin yang selalu dilakukan. Biasanya setiap komunitas memiliki waktu berkumpul dan jadwal kegiatannya masing-masing. Dengan mengikuti kegiatan dalam komunitas, selain kamu akan mendapatkan ilmu, kamu juga akan memperluas relasi mu. Kamu bisa mencari informasi mengenai komunitas-komunitas yang ada melalui akun media sosialmu atau kamu bisa langsung datang ke tempat kominitas tersebut beraktivitas.

 

4. Ikut Kompetisi Sesuai Apa Yang Kamu Sukai

 

kompetisi

Kamu memiliki hobi bernyanyi? Atau hal-hal lain yang kamu sukai? mengikuti kompetisi-kompetisi adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan setelah lulusSMA. Ada banyak kompetisi yang disediakan di luar sana lho! Hadiahnya beragam, mulai dari barang, beasiswa, sampai jalan-jalan ke luar negeri. Menarik bukan?

 

5. Daftar Kerelawanan

 

relawan

Untuk kamu yang suka bersosialisasi dan terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, mendaftar program kerelawanan bisa kamu lakukan setelah lulus SMA. Di sini kamu akan membuat berbagai program kegiatan yang akan kamu realisasikan saat menjadi relawan nantinya. Kamu akan mengunjungi tempat-tempat di luar sana yang membutuhkan bantuanmu. Informasi mengenai program kerelawanan sangat banyak tersebar di media sosialmu. Ayo di cek ya! Untuk mengikuti program ini biasanya kamu akan dihadapkan dengan beberapa seleksi seperti membuat esai juga wawancara.

Nah, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA. Tanamkan kalimat ini dalam dirimu bahwa “di setiap pengalaman pasti akan ada pelajaran yang akan kamu dapat dan pelajari. Akan banyak pelajaran yang bisa kamu dapakan, bukan satu, bukan dua, tapi banyak.” Terus semangat ya untuk mengejar mimpi-mimpimu!

Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Andaf Iman

Content Writer

Content Writter eurekabookhouse.co.id

New Entry