Ini Dia 7 Tips Menghadapi UN, Pasti Sukses!

Oleh Eureka | 18 Apr, 2024 |
3031
IMG-BLOG
18 04 2024

Tenang, semua bisa kamu lewati jika kamu tahu cara mengatasinya. Simak baik-baik beberapa tips menghadapi UN untuk membuatmu dapat melewatinya dengan sukses.

 

Ujian Nasional (UN) tinggal sebentar lagi nih. Dalam mempersiapkan diri menghadapi UN pasti ada saja hal-hal yang membuat mu terhambat. Faktornya bisa apa saja, bisa faktor kesehatan, materi yang sulit dipahami, sulit menemukan tempat yang kondusif untuk belajar, sampai masalah pertemanan.Tenang, semua bisa kamu lewati jika kamu tahu cara mengatasinya. Simak baik-baik beberapa tips menghadapi UN untuk membuatmu dapat melewatinya dengan sukses.

 

1. Cari Lingkugan Belajar yang Nyaman

Untuk mendapatkan lingkungan belajar yang nyaman, pertama-tama kamu harus mengetahui kamu orang yang seperti apa. Tipe pertama, apakah kamu lebih nyaman belajar dengan keadaan sunyi tanpa gangguan, atau tipe dua, kamu adalah orang yang bisa belajar di tengah keramaian.

Jika kamu adalah tipe pertama, kamar mu bisa menjadi pilihan nyaman untuk mu belajar. Kamu bisa pasang tanda “sttt, aku lagi serius nih” di depan pintu kamarmu agar orang rumahmu mengetahui bahwa kamu sedang serius belajar untuk menghadapi UN. Tempat lainnya yang dapat kamu pilih adalah perpustakaan.

Nah, jika kamu adalah tipe kedua, yang bisa belajar di tempat ramai, banyak pilihan tempat yang dapat kamu jadikan tempat untuk belajar, salah satunya coffee shop. Bagaimana?

 

2. Be a Creative Person

Ada saja materi yang sulit untuk dipahami apalagi kalau mata pelajaran tersebut bukan yang kamu suka. Jika kamu menghadapi situasi ini, selalu ingat pepatah yang mengatakan “di mana ada kemauan, di situ ada jalan”, terus berusaha!

Kamu dapat membuat cara mu sendiri untuk membuat mata pelajaran itu mudah, misalnya buat catatan dengan gambar maupun stabilo yang akan membudahkanmu untuk mengingat juga memahami materi. Hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari penjabaran dari sumber-sumber lain, seperti web-web belajar maupun youtube.

Bisa jadi kamu sulit memahami karena belum mendapatkan penjelasan yang mudah dimengerti. So keep trying and be a creative person mencari celah belajar untuk menghadapi UN 2019 mendatang!

 

3. Miliki Grup Belajar Mu

Jika sendiri terasa membosankan, kamu bisa belajar dengan grup belajarmu. Dengan adanya grup belajar, kamu bisa mengerjakan soal dan membahasnya bersama-sama. Namun, kamu harus tetap memiliki jadwal sesuai kesepakatan grup belajarmu agar waktu belajarmu tetap terarah dan berkualitas.

 

4. Bahas Soal-soal Sebelumnya

 

Biasakan dirimu dengan mengerjakan soal-soal dari yang mudah sampai soal dengan bobot yang lebih sulit. Jika terasa sulit, lakukan secara bertahap. Kamu bisa mengerjakan dan mempelajari soal-soal dari ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Percayalah bahwa soal-soal ujian memiliki kesamaan setiap tahunnya.

 

5. Refreshing Itu Penting!

Ayo santai dulu santai. Di tengah-tengah ketegangan dan waktu belajarmu yang padat, baiknya kamu juga menikmati waktu santaimu. Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang kamu sukai. Tidak harus jauh-jauh dan sulit, kamu bisa membaca komik kesukaanmu di rumah, olahraga di Minggu pagi, atau sekedar jalan-jalan santai di sekitar rumah. Intinya, lakukan apa yang kamu sukai untuk refreshing! Me time itu penting!

 

6. Persiapkan Segala Sesuatunya Sebelum Ujian

Sebelum “perang”, kamu harus siap perbekalan dan mengetahui medannya terlebih dahulu. Sama hal nya dengan menghadapi UN. Selain mempersiapkan dirimu dengan belajar kamu harus mengetahui apa saja yang harus kamu siapkan saat hari H tiba. Usahakan datang saat diadakan simulasi UN. Ini akan memberikan gambaran bagaimana UN akan terlaksana nantinya.

 

7. Berdoa dan Minta Restu Orang tua

Iringi semua usahamu dengan doa dan minta restu orang tua mu! Berdoa untuk dirimu dan juga teman-temanmu agar Tuhan memberikan hasil terbaik untuk semua usaha yang sudah kalian lakukan.

Itu dia tujuh Tips Menghadapi UN yang ampuh untuk kamu lakukan. Kerjakan dengan percaya diri ya teman-teman! Percaya diri timbul jika kamu sudah cukup berlatih dan berdoa. Yuk, persiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Sukses untuk ujian mendatang ya teman-teman!

Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Eureka Writer

Content Writer

Content Writter eurekabookhouse.co.id

New Entry