Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi yang Terbukti Efektif

Oleh Eureka | 19 Mar, 2024 |
3713
IMG-BLOG
19 03 2024

Pernah gak sih saat kamu membutuhkan suatu barang dan kamu malah lupa dimana meletakkannya? Atau saat kamu lagi membaca buku, lalu konsentrasimu tiba-tiba hilang dan malah memikirkan hal-hal lainnya?

Daya ingat dan konsentrasi seseorang bisa saja menurun karena beberapa faktor. Daya ingat yang menurun sering dialami banyak orang meskipun masih berusia muda. Tentu hal ini akan cukup membuatmu kesulitan jika kamu sedang tergesa-gesa maupun dalam situasi yang menuntutmu untuk berkonsentrasi. Jika kamu merasa daya ingat dan konsentrasimu mulai menurun, yuk coba cara-cara berikut untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu.

 

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

 

makanan sehat

Untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, beri nutrisi dan asupan yang baik untuk menunjang kerja otakmu. Setiap bahan makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda lho! Untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu, pilihlah bahan-bahan makanan yang mengandung banyak protein dan lemak sehat. Kamu bisa memilih memakan kedelai, salmon, kacang-kacangan, alpukat, pisang dan bahan makanan lainnya yang terbukti memiliki manfaat untuk fungsi otak. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi vitamin tambahan seperti omega-3.

 

2. Teratur dalam Berolahraga

 

teratur dalam berolahraga

Cara kedua untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi mu adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga kemampuan otak akan mengalami peningkatan. Selain itu, otak akan bekerja secara maksimal yang menyebakan sel saraf otakmu akan meningkat jumlahnya. Sel saraf yang meningkat akan memperkuat ikatan antar sel otak dan memperkuatnya. Kamu bisa melakukan olahraga apapun yang kamu sukai dan bisa kamu lakukan di dalam maupun luar rumah, seperti zumba, cardio, bersepeda, maupun berenang. Tak hanya meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, olahraga juga akan membuat tubuhmu menjadi sehat dan bugar.

 

3. Mainkan Permainan yang Membutuhkan Konsentrasi

 

permainan konsentrasi

Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu adalah dengan melatih otakmu. Kamu bisa gunakan cara-cara yang menyenangkan seperti melakukan permainan-permainan yang membuatmu berpikir, misalnya teka-teki silang atau permainan “ware wolf” yang membuatmu dapat berpikir dan menyusun strategi dalam bermain. Kamu juga dapat menggunakan media lainnya untuk membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu, seperti mendengarkan musik juga membaca buku-buku kesukaanmu.

 

4. Istirahat Yang Cukup

 

isitirahat yang cukup

Daya ingat dan konsentrasimu akan meningkat jika kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Jika kamu mulai merasa kelelahan, ada baiknya kamu beristirahat sejenak. Memaksa otak bekerja terus-menerus hanya akan membuat pikiranmu menjadi kacau. Pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Kamu juga dapat melakukan perjalanan berlibur untuk menyegarkan pikiranmu.

 

5. Lakukan Meditasi

 

meditasi

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi adalah dengan melakukan meditasi. Dengan bermeditasi dapat meningkatkan kinerja otakmu lho! Bermeditasi akan membuat dirimu rileks. Banyaknya kegiatan yang membuat mu stress dapat memengaruhi daya ingat juga konsentrasi. Yuk sempatkan dirimu untuk melakukan meditasi. Selain akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu, bermeditasi juga akan memperbaiki mood-mu J

 

Ini dia beberapa cara efektif yang akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasimu. Selamat mencoba!

Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Andaf Iman

Content Writer

Content Writter eurekabookhouse.co.id

New Entry